Powered By Blogger

Senin, 18 April 2011

Gerbang NOT
Gerbang NOT disebut juga pembalik (inverter). Gerbang NOT hanya mempunyai satu masukan dan satu keluaran, dan keadaan keluarannya selalu berlawanan dengan sinyal masukan. Apabila masukan gerbang NOT adalah 1, maka rangkaian gerbang NOT akan membalikannya menjadi 0. Pembalikan ini disebut juga pengkomplenan atau penginversian.

IC 7404

Skema pengkabelan gerbang NOT

Gerbang NAND
Gerbang NAND adalah suatu NOT-AND, atau suatu fungsi AND yang dibalikkan.Dengan kata lain bahwa gerbang NAND akan menghasilkan sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai tinggi. Gerbang Logika NAND pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7400.

IC 7400

Skema pengkabelan gerbang NAND

KETERANGAN :
Bahwasanya perlu diketahui gerbang NAND adalah kombinasi dari gerbang AND dan gerbang NOT.Jika yang saya biasa gunakan praktikum menggunakan alat trainer NX-4 plus,yang biasanya menggunakan IC 7400 itu juga sama halnya jika saya menggunakan IC 7404 yang dikombinasikan dengan IC 7408.Output yang dihasilkan dari rangkaian yang menggunakan IC 7400 pasti akan sama outputnya dengan hasil rangkaian kombinasi dari IC 7404 dan IC 7408.

Gerbang universal
Dalam elektronika digital kita mengenal berbagi macam gerbang logika dasar, ada tujuh fungsi gerbang dasar logika yaitu AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tetapi apakah Anda tahu bahwa setiap gerbang dasar tersebut dapat dibentuk atau dibangun hanya dengan menggunakan gerbang logika NAND, sehingga gerbang NAND
disebut juga sebagai gerbang Universal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar